Tips Perawatan Antipenuaan Rambut

Tips Perawatan Antipenuaan Rambut

Anda pasti tidak menyangka jika tidak hanya kulit saja yang bisa semakin tua. Rambut juga!


Oleh Kate Hanley

Selain menjadi beruban, Anda mungkin menduga bahwa rambut tidak pernah benar-benar bertambah tua. Yang pasti, rambut tidak akan keriput atau mulai bergelambir — syukurlah! Tetapi, helaian rambut Anda sesungguhnya ikut berubah seiring dengan berubahnya seluruh tubuh Anda. 

"Saat hormon mulai berubah, rambut Anda pun berubah," ujar Stephanie Tourles, ahli kecantikan holistik berlisensi dan penulis A Spa of Your Own. Artinya, saat menginjak usia 30 tahunan, rambut akan lebih kering. Dan saat Anda semakin mendekati masa menopause, teksturnya akan semakin berubah. Rambut mungkin tidak seikal dulu, muncul keriting baru, atau reaksinya berbeda. Anda tidak perlu menyerah dengan memotong rambut Anda atau mulai mengenakan wig. Strategi berikut ini dapat menjaga rambut Anda tetap berkilau, sekarang dan puluhan tahun ke depan. 


Pijat Mahkota Kepala Anda

Tidak perlu mengeluarkan uang untuk memijat kepala di salon. Tangani sendiri, secara harfiah, dan mulailah pijat kepala Anda minimal sebulan sekali — idealnya seminggu sekali. 

"Ini adalah salah satu hal paling sehat yang dapat Anda lakukan untuk rambut Anda," ujar Mary Beth Janssen, ahli kecantikan organik dan penulis Naturally Healthy Hair. "Pijatan akan mengelupaskan sel kulit mati, melancarkan sirkulasi darah dan nutrisi ke akar rambut, dan merangsang pertumbuhan." (Semuanya membuat rambut menjadi berkilau, halus,  dan indah.) 

Caranya, oleskan sedikit minyak zaitun, wijen,  atau badam manis pada ujung jemari. Dimulai dari pangkal kepala, pijat kulit kepala dengan ujung jemari dengan gerakan memutar kecil dan bergerak hingga puncak kepala. Mulai lagi dari pelipis hingga bagian belakang kepala. Kemudian, bergerak dari belakang telinga hingga dasar batok kepala. Jika dilakukan secara rutin, menurut Janssen hasilnya pasti "memukau." (Jika Anda bersedia melakukan perawatan tambahan, Anda dapat membungkus kepala dengan bandana atau topi mandi dan tidur dengan minyak masih menempel pada rambut. Gunakan sampo biasa untuk membilasnya.)


Tata Rambut dengan Cermat
Anda mungkin mengira alat pelurus rambut adalah alat ideal untuk rambut Anda, tetapi jika menggunakannya setiap hari, kemungkinan besar Anda akan menciptakan rambut lurus buatan yang akhirnya akan terlihat sama mengilap dan berkilaunya bagaikan roti bakar hangus. "Kulit ari rambut akan terbakar pada suhu sekitar 130 derajat dan sebagian besar pelurus rambut mampu mencapai panas hingga 450 derajat," ujar Shelley Davis, pendiri perusahaan perawatan rambut alami Kinky-Curly. "Jika Anda menahan alat pelurus rambut terlalu lama di suatu bagian, hasilnya adalah kerusakan permanen yang dapat terjadi hanya dalam satu sesi saja." 

Jika Anda menginginkan rambut yang lebih lurus dan berkilau, Janssen menganjurkan untuk  mengeringkan rambut dengan handuk berdaya serap tinggi untuk menyerap lembap yang berlebih sebanyak mungkin, kemudian gunakan produk bernutrisi pilihan Anda. Berikutnya, gunakan alat pengering rambut, gerakkan di sepanjang rambut agar helaian rambut tetap bergerak (mengurangi risiko terbakar) hingga tingkat kelembapan tinggal sekitar 5-10 persen. Setelah itu, barulah gunakan sikat rambut dan mulailah menata rambut. "Menggunakan sikat rambut secara terus-menerus hanya akan meregangkan dan menambah tekanan pada rambut," ujarnya. 

“Jika Anda tidak mampu menepiskan godaan, mintalah penata rambut Anda memberikan tips bagaimana cara menggunakan alat pelurus rambut,” saran Davis. "Penata rambut tahu cara menggerakkannya dengan cepat pada rambut tanpa merusak lapisan kulit ari." Dan selalu gunakan pelurus rambut dengan suhu terendah.


Gunakan Kondisioner Secara Rutin
Semakin tua, rambut biasanya semakin kering. Atasi hilangnya kelembaban alami dengan perawatan kondisioner yang rutin setiap minggu. Tourles menyarankan perawatan dengan minyak panas. Anda dapat membeli sebungkus di apotek, salon, atau toko kecantikan, lalu panaskan dengan merendamnya dalam air hangat. (Untuk perawatan yang benar-benar hemat biaya, Anda juga dapat merendam botol minyak zaitun kecil dalam air hangat - bukan mendidih - atau hangatkan dengan menggenggamnya.) Oleskan minyak pada rambut kering, tutup dengan shower cap atau balut dengan handuk, dan biarkan selama satu jam untuk rambut panjang atau 30 menit untuk rambut pendek. Penata rambut Miami, Oribe, penggemar perawatan dengan minyak zaitun panas, memiliki prinsip untuk melakukannya setiap minggu. "Tonton acara kesayangan Anda sambil mengenakan kondisioner." Sampai jumpa di sofa!


Pilih Produk yang Lebih Baik
Tiba saatnya menghadapi kenyataan — Anda sekarang tidak bisa lagi meraih sembarang produk rambut dari rak toko. Sebagaimana halnya tidak lagi bisa melahap junk food dan berharap tetap terlihat dan merasa bugar, Anda harus mulai menggunakan produk yang sesuai dengan kondisi rambut Anda.

Davis menyarankan untuk mencari produk yang mengandung bahan bernutrisi yang juga dapat membantu menata rambut, antara lain jambu, madu, jojoba, badam, alpukat,  dan minyak kelapa. Tourles menyarankan untuk menggunakan kondisioner yang mengandung protein dari gandum, telur, atau kacang kedelai. "Saat beranjak tua, struktur protein dalam rambut akan mengalami perubahan, yang menyebabkan rambut semakin tipis dan acak-acakan. Kondisioner protein mengisi setiap celah dalam kulit ari sehingga rambut lebih halus dan berkilau."


Jaga agar Tetap Bersih
Mungkin Anda belum mencapai tingkat kemalasan yang parah dengan hanya mencuci rambut seminggu sekali ketika mengunjungi  salon untuk minta dikeramas dan mengeringkan rambut. Tetapi,  jika Anda tidak keramas beberapa kali dalam seminggu, Anda dapat  merusak kesehatan rambut. "Keramas membantu membuang sel kulit tua dari kulit kepala dan membersihkan tumpukan produk, debu, kotoran  dan keringat," ujar Davis. "Keramas dapat menjaga kantung rambut tetap sehat sehingga rambut lebih sehat dan lebih kuat." Tips-nya adalah menggunakan sampo bebas sulfat yang lembut — sulfat adalah zat pembentuk busa yang keras yang dapat mengeringkan rambut. Sebagian besar sampo mengandung zat ini — baca label dengan cermat untuk menemukan sampo yang tidak mengandung zat tersebut. 


Potongan Rambut yang Tepat
Akhirnya, bekerja samalah dengan penata rambut untuk menemukan potongan rambut yang sesuai bagi Anda. "Gaya yang menonjolkan kelembutan di sekeliling wajah akan terlihat bagus dari sudut mana pun, sehingga Anda akan terlihat sangat cantik tanpa perlu menggunakan alat pengering rambut, pelurus rambut, atau produk berat secara berlebihan," ujar Oribe. Dan waspadai dorongan untuk memotong pendek rambut Anda. "Potongan rambut yang sangat pendek dapat membuat Anda terlihat lebih tua. Potongan seperti ini juga dapat memperumit kehidupan Anda, karena kerap membutuhkan aksesori dan riasan yang tepat untuk mengembalikan kelembutan pada wajah Anda." 

 

Disajikan kepada Anda oleh Style United.

Olay - White Radiance
ugc2